Kamis, 24 Maret 2016

Sumber Artesis Purwojati Kandungan Airnya Sangat Besar.

Pemuda Pakarti Purwojati. Sumber Air Artesis Purwojati Kandunga Air Sangat Besar.

Ketika waktu kecil kami di wilayah Karangduren Purwojati sudah ditutur cerita oleh orang-orang tua kami bahwa dibawah Karangduren ada kali besar. Maka ada sumber sebelah timur karangduren itu airnya tidak pernah kering. Mata air tersebut berasal dari sungai dibawah tanah tersebut. Maka daerah itu disebut Kalisema berasal dari kalisemi artinya kali yang airnya keluar terus (semi) tidak pernah kering sampai sekarang. Sumber cerita berasal dari Kyai Muhammad Syechan tertulis dalam buku Purbaning Ngaurip Karya Kyai Muhammad Syechan dan Tarekat Sang Kyai dalam Pendidikan Diniyah dan Pembangunan karya Raras Wuri Miswandaru.

Ada perusahan asing dari eropa yang mengetahui adanya cairan dalam tanah yang sangat besar dari ujung utara sampai Gunung Slamet sampai titik terbesarnya yaitu Pertapan Pura Jati Karangduren dan dibawah PP Shidiqiin Wara` serta sekretariat Pemuda pakarti Purwojati terlihat cairan yang sangat banyak. Lalu dicoba dilakukan pengeboran oleh perusahaan tersebut dibeberapa titik yang langsung keluar walau belum sampai kepada airnya telah menyemburkan air yang sangat kuat sampai setinggi 15 M. Di bawah lokasi tersebut terlihat dari alat modern dan yangsangat canggih diketahui lebar sungai bawah tanah tersebut adalah 200 meter dan kedalamannya 2000 meter.
Raras WM, SPdI, MPdI Pembina Pemuda Pakarti

Apabila pengeboran dilakukan sampai sungai itu menurut ahli dari perusahaan asing tersebut maka Purwojati akan menjadi danau. Air tersebut digunakan oleh masyarakat untuk keperluan air minum dan mengaliri kolam ikan. Musim kemarau tahun 2015 Pemda Banyumas memutuskan untuk mengambil air untuk masyarakat yang terdampak kekeringan dari air artesis Karangduren.Purwojati. Padahal dahulu Pemda tidak mau untuk memberikan bantuan untuk pembangunan bak dan pipanisasi untuk air tersebut dengan alasan tidak layak konsumsi.

Kami Pemuda Pakarti Purwojati sedang berusaha untuk membangun mata air tersebut untuk dapat dimanfaatkan lebih banyak lagi sehingga semakin banyak yang memanfaatkan air yang sangat melimpah tersebut.

Sudah seharusnya Pemerintah Daerah lebih perhatian kepada wilayah kami untuk dibantu dalam hal pembangunan khususnya pembangunan di lokasi air artesis tersebut. Air ini sedang dalam renca akan dibuatkan embung untuk pertanian dan tempat wisata anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar

AGEN PENDAFTARAN KULIAH S1 DAN S2 MUDAH DAN MURAH SERTA JASA KONSULTASI DAN KETIK SKRIPSI TESIS DAN LAPORAN PKL SISWA HUB SIMBAH WURI http://raraswurimiswandaru.blogspot.com
Ingin widget ini?